Januari 19, 2017

Pengertian Rockwool


Pengertian Rockwool

Setelah membahas Bagaimana cara menanam tanaman hidroponik dalam botol, Artikel kali ini akan membahas apa itu Rockwool, Rockwool bukan salah satu genre musik ya teman-teman, Rockwool terbuat dari bebatuan yang biasanya mengandung zat mineral alkali dan alkali tanah. Rockwool merupakan salahsatu media tanam Hidroponik yang baik. Media tanam menggunakan Rockwool mempunyai kelebihan dibandingkan media tanam lain dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang dapat disimpan oleh media tanam ini.

Cara Membuat Rockwool di Rumah

Seiring populernya cara tanam Hidroponik di Indonesia, semakin mudah pula mendapatkan alat alat dan bahan yang dibutuhkan, alat dan bahan untuk mulai bertanam dengan teknik Hidroponik salah satunya adalah Rockwool. Saat saya bergabung disalah satu forum Internet banyak yang bertanya tentang Bagaimana cara membuat Rockwool. Untuk membuat Rockwool tidak semudah yang dibayangkan. Seperti yang dijelaskan pada paragraf pertama bahwa Rockwool terbuat dari bebatuan yang dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Namun jika kalian tetap penasaran bagaimana cara membuat Rockwool, saya akan jelaskan secara singkat.


Bahan untuk membuat Rockwool
Bahan untuk membuat Rockwool bisa anda dapatkan disekitar anda, Bahan bahan tersebut antaralain adalah :
  • Kaca
  • Bebatuan, bisa Batu kapur, Batu vulkanik atau Batu bara
  • Keramik

Cara membuat Rockwool
Untuk membuat Rockwool Anda harus memanaskan kaca terlebih dahulu dengan suhu 230-260 derajat celcius. Bahan yang berupa batu juga dipanaskan dengan suhu 700-850 derajat celcius. Ketiga memanaskan keramik dengan suhu 1200 derajat celcius Setelah ketiga bahan tersebut sudah panas dan melebur dan berubah bentuk seperti lava, maka selanjutnya adalah menunggu dingin. Bebatuan yang sudah menjadi lava tersebut akan membentuk serat-serat. Setelah bebatuan tersebut dingin maka kumpulan serat-serat tersebut baru dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan. Rockwool siap untuk digunakan

Demikian cara untuk membuat Rockwool, jika masih ada yang belum mengerti silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jika membuat Rockwool dirasa sulit, saat ini penjualan Rockwool dipasaran sudah sangat banyak. jadi jangan khawatir untuk kesulitan mendapatkanya. 
Pengertian Rockwool
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.